UI BERIKAN PENGHARGAAN PEMENANG SAYEMBARA ARSITEKTUR DESAIN STASIUN UI

Bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT KAI dan Bank BNI, Universitas Indonesia (UI) telah menyelenggarakan Sayembara Arsitektur Desain Stasiun KRL Commuter Line UI Depok pada bulan Agustus – September lalu. Setelah dilakukan seleksi beberapa tahap, maka pada Jumat, (06/12/2019) ini UI memberikan penghargaan kepada pemenang sayembara tersebut.

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Hendri D. S. Budiono, M.Eng, menceritakan kesanggupannya untuk mengadakan sayembara untuk membangun kembali Stasiun UI yang dirasa sudah kuno dengan waktu yang relatif singkat, hanya sekitar satu bulan.

“Kriteria yang saya inginkan itu, stasiun bisa menjadi tempat untuk sivitas akademika berkomunikasi dan dapat terjadi interaksi antara perguruan tinggi serta masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari Bank BNI yaitu Ahmad Salman Sumantri menganggap bahwa revitalisasi stasiun merupakan bagian integrasi dari UI sebagai green campus. “Tujuannya agar masyarakat semakin nyaman menggunakan transportasi umum sehingga BNI berkonsorsium memberikan bantuan CSR untuk revitalisasi Stasiun UI,” jelasnya.

Dengan berakhirnya kegiatan Sayembara Arsitektur Desain Stasiun KRL Commuter Line UI Depok, maka UI memberikan penghargaan kepada pemenang kegiatan sayembara yang pesertanya merupakan alumni dari Departemen Arsitektur FT UI. Posisi pertama diraih oleh karya ‘Social Space Station’, diikuti dengan ‘Reforestation’ sebagai juara kedua dan ‘Bentang Antara’ sebagai juara ketiga dari total 11 tim yang diseleksi menjadi 6 finalis.