PELUNCURAN YAYASAN PROFESOR GUNAWAN TJAHJONO

Bertempat di Ruang Apung Perpustakaan UI Depok, pada hari Sabtu 12 Januari 2019 telah diluncurkan Yayasan Profesor Gunawan Tjahjono yang berjalan di bidang arsitektur vernakular. Bersama-sama dengan Sonny Sutanto, Profesor Gunawan Tjahjono menginisiasi pendirian yayasan ini sebagai kecintaannya terhadap arsitektur nusantara.

Yayasan ini lahir untuk memajukan arsitektur vernakular. Vernakular itu lahir, dan melekat pada mereka yang tertindas. Mereka didesak mengolah sumber daya sekitar menjadi hunian dengan spontan dan cerdas. Dan jika bertahan, mentradisi dan menular. Hakekat arsitektur adalah ilmu dan seni merancang dan membangun bangunan. Sedangkan, bangunan adalah serangkaian ruang yang ditata agar memaknai kegiatan bersama.

Pendidikan arsitektur arus utama mengutamakan pelayanan pada pemberi tugas. Mereka itu kelompok manusia yang pada umumnya mampu dan sudah lepas dari tindasan. Dalam pendidikan arsitektur, kaum vernakular cenderung kurang dapat perhatian. Namun, tak terpungkiri, bangunan vernakular menginspirasi Le Corbusier, Barragan dan Correa. Kelompok vernakular masih lebih banyak tersebar di muka bumi ini berjuang lepas tindas. Karya mereka pantas dikaji dan dikembangkan.

Yayasan ini merangsang cendekia agar memerhatikan kearifan di balik “vernakular” Dengan demikian pendidikan arsitektur lebih semarak, berimbang, dan bertahan. Semoga kearifan lokal dan kecerdasan vernakular menular Dukungan para Hadirin yang mulia kami dambakan.

Menurut Profesor Gunawan Tjahjono, beliau tidak sendiri dalam menginisiasi penyusunan yayasan ini. “Yang saya lemparkan adalah suatu wawasan dan peran yayasan serta beberapa target. Kita yang terpanggil untuk terlibat akan bersama-sama menyusun program dalam beberapa tahun, lalu menilai ulang untuk menyusun langkah selanjutnya. Nama saya yang digunakan hendaknya dianggap sebagai pemicu. Rumusan bersama memancing rasa kepemilikan dan semangat yang jika dipupuk terus, akan terus berlanjut. Yang turut merumuskan tentu senang menyaksikan rumusannya dilanjutkan ke langkah-langkah nyata untuk mencapai target.”

Yayasan Profesor Gunawan Tjahjono ini akan memberi penghargaan dalam berbagai bentuk bagi peserta didik yang tekun belajar tentang arsitektur vernakular, membekali penelitian bermutu di bidang arsitektur terutama yang terkait vernakular, memberi kemudahan bagi cendekia, guru besar bidang kaji arsitektur vernakular untuk menularkan ilmunya selama satu semester di Universitas Indonesia, mendanai kegiatan peserta didik menjelajahi kawasan bangunan vernakular dan menjaga kegiatan lingkung bangun yang terkait dengan kevernakularan.

Sumber : http://yayasanprofesorgunawantjahjono.id/peluncuran-yayasan/